Sabtu, 16 Juni 2012

Shahih Fadhail Amal


Penerbit : Pustaka AT-Tazkia
Pengarang : Syaikh Abu Abdillah Ali bin Muhammad Al Maghrib
Harga : 105.000,-   84.000,-
Agama Islam selalu mendorong umat-umatnya untuk selalu berlomba-lomba dalam melakukan amal kebaikan. Pintu amal kebaikan terbentang sedemikian lebar. Sebagian diketahui oleh kaum Muslimin dan sebagian lainnya mungkin mayoritas tidak mengetahuinya. Inilah yang menjadi masalah umat islam saat ini, keawaman dan kejahilan terhadap ajaran agama Islam.
Bagaimana mungkin mengharap sebuah kebangkitan umat islam, sementara umat islam sendiri masih awam dan jahil terhadap ajaran agama Islam itu sendiri.
Dua hal yang tidak boleh dilupakan dalam memahamkan umat adalah :
Prioritas
Umat harus dipahamkan terlebih dahulu terhadap berbagai aspek dasar / fundamental Islam, menyangkut Tauhid, Aqidah, Manhaj, Ibadah, Akhlak dan segi lainnya yang murni dari ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah SAW dan dipahami para salaful umat.
Orisinalitas ( ashalah )
Yakni kemurnian ajaran Islam. Orisinalitas ibarat harga mati bagi ajaran Islam. Tidak mungkin sebuah ajaran didasarkan pada sumber-sumber yang tidak akurat  dan diragukan keasliannya. Kehancuran Yahudi dan Nasrani terjadi ketika mereka melakukan pemalsuan dan memutarbalikan terhadap Kitab yang diturunkan kepada mereka. Karena itulah Allah SWT telah menjamin untuk menjaga kitab suci Al Quran dari pemutarbalikkan dan penyimpangan. Hadits-Hadits Rasulullah SAW oleh para Ulama lewat kodifikasi dan ilmu Jarh wa Ta’dil. Tapi, lebih dari itu sekaligus yang sangat penting adalah bagaimana menyampaikan kepada umat secara orisinal dan valid.
Inilah yang ditempuh oleh para ulama dalam meriwayatkan hadits dan menulis kitab-kitab mereka. Karena itu para Dai harus berhati-hati dalam menyampaikan ajaran Islam, baik itu melalui lisan maupun tulisan.
Buku Shahih Fadhail Amal ini merupakan salah satu upaya menyampaikan ajaran Islam secara orisinal dan hati-hati. Sebagaimana diketahui, hadits-hadits tentang fadilah-fadilah amal banyak yang palsu (maudhu) dan lemah (dhaif). Karena itulah penulis mengkaji hadits-hadits yang berbicara tentang topik ini secara cermat dan sungguh-sungguh berisi hadits-hadits shahih yang berkaitan dengan fadilah-fadilah amal.
Buku Shahih Fadhail Amal ini sangat menarik untuk dibaca dan diamalkan oleh kaum muslimin sesuai dengan manhaj Salafus Shalih, karena :
Tema Fadhail Amal adalah tema yang sangat rentan dengan hadits-hadits maudhu (palsu) dan dhaif (lemah), bahkan ada beberapa karangan yang khusus membahas masalah ini namun kurang memperhatikan kualitas hadits.
Masyarakat kita sangat menyukai masalah fadilah-fadilah amal, sehingga kita banyak menyaksikan acara-acara, perayaan yang sangat ramai diadakan secara rutin demi mencari sebuah fadilah, namun sayang tidak dilandasi dengan sunnah yang shahih.
Masalah fadilah adalah masalah yang harus didasarkan pada petunjuk, bukan berdasarkan pada perasaan apalagi pertimbangan rasio, namun harus memiliki dalil yang jelas dan valid yang menerangkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar